Our Blog

Segudang Manfaat dari Ari-ari Bayi


"Plasenta dan semua yang terdapat pada organ tersebut bermanfaat untuk terapi beragam pernyakit."

Masih ingat yang namanya plasenta? Kaum ibu pada saat melahirkan bayi selalu disertai tembuni atau ari-ari. Dalam perkembangan teknologi kedokteran yang kian pesat, terkuak segudang manfaat dari plasenta. Ari-ari ini dapat diproses dan dimanfaatkan sebagai bahan untuk berbagai pengobatan, juga terapi yang disebut stem cell.

"Orang yang sudah berusia tua atau usia muda, tapi wajah tampak tua, bisa diterapi dengan stem cell. Sehingga, wajah tampak segar," kata Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit (RS) Islam Yarsis Solo, Jawa Tengah, dr Djufrie AS SKM, akhir pekan lalu.

Dalam seminar di ruang Ibnu Sina RSI Yarsis, Djufrie menyosialisasi terapi stem cell yang dikoordinasi spesialis kulit dan kelamin, Dr dr Indah Yulianto SpKK (K). Sosialisasi tersebut diperlukan mengingat pentingnya metode penyembuhan steam cell, sehingga memberi manfaat bagi banyak orang.

Terapi stem cell (sel punca) sudah lama berkembang di dunia kedokteran di dunia. Terapi tersebut digunakan sebagai cara untuk memperbaharui sel yang sudah menua atau rusak karena berbagai sebab dengen cara menumbuhkan sel baru.

Terapi stem cell berfungsi untuk menciptakan berbagai sel tersebut. Karena, terapi ini sumber pertumbuhan sel-sel baru. Menurut Indah, terapi stem cell dapat menangani wajah bopeng, kasar, banyak jerawat, plak, atau kerusakan kulit lainnya. "Masih banyak ragam dan jenis penyakit lain bisa disembuhkan dengan terapi ini," kata dia.

Selama ini, masyarakat umumnya membuang plasenta yang baru keluar dari rahim dan dikubur di depan rumah. "Dari fisiknya, plasenta terlihat menjijikkan. Ternyata, ciptaan Allah SWT itu tak boleh disia-siakan. Di baliknya, ternyata bisa dimanfaatkan untuk terapi kesehatan. Ini salah satu kekuasaan Tuhan," kata Indah.

Perkembangan teknologi kedokteran tersebut memerlukan pandangan tersendiri soal tinjauan syariat Islam, khususnya boleh atau tidaknya terapi stem cell dipakai dalam tindakan terapi medis terhadap pasien Muslim.

Terapi stem cell ditinjau dari perspektif Islam, menurut dosen pascasarjana IAIN Walisanga, Solo, Prof Dr Nasruddin Baidowi, tak masalah. Selama terapi itu dapat dimanfaatkan untuk kepentingan kemaslahatan, dan kebaikan serta tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Apalagi, terapi itu bisa menyelamatkan nyawa manusia. "Allah memberi sesuatu yang nilai tinggi terhadap benda-benda yang sifatnya remeh di mata manusia," kata Prof Nasruddin mengutip sebuah hadis Rasulullah SAW. Seperti ari-ari atau plasenta, barang yang kadang menjijikkan dan dianggap remeh ini ternyata mempunyai manfaat besar bagi dunia kesehatan," jelasnya.

Kini, sudah banyak pasangan yang menyimpan plasenta guna terapi stem cell di bank plasenta. Bank-bank plasenta tersebut tersebar di banyak kota besar di dunia, termasuk di Indonesia. Fasilitag ini digunakan para orang tua agar anaknya mendapatkan terapi penyembuhan jika terkena penyakit dalam masa pertumbuhannya hingga dewasa.

Saat ini, ada 23 rumah sakit di Indonesia yang mengembangkan penyembuhan dengan terapi stem cell. Indah menyebutkan, terapi tersebut dilayani, di antaranya, di RS Islam Solo, RS PKU Muhammadiyah Solo, dan RSUD dr Moewardi Solo. Ketiga RS di Kota Bengawan Solo ini ada di bawah koordinasi Indah. Dia juga membangun sebuah laboratorium untuk pengembangan steam cell di Jalan Klengkeng, Solo.

Manfaat Plasenta :
1. Mengirimkan darah penuh gizi dan oksigen lewat vena tali pusar dari plasenta ibu ke janin.
2. Arteri tali pusar membawa karbondioksida dan sisa-sisa pembuangan dart janin kembali ke plasenta ibu.
3. Melindungi dari infeksi dan obat-obatan tertentu. Tapi, virus rubella dan aspirin dosis tinggi dapat menembusnya. Antibodi dari darah ibil juga dapat menembus plasenta.
4. Mengeluarkan hormon-hormon kehamilan, terutama human chorionic gonadotrophin (HCG), progesterone dan estrogen.

No comments:

Post a Comment

Darwin Darkwin Designed by Templateism | Copas Tamplate Orang Copyright © 2015

Theme images by richcano. Powered by Blogger.