Our Blog

Perbaiki Pelayanan Commuter Line



Media Indonesia 6 June 2014 | Page 26, Bedah Editorial |

SAYA pernah membaca pernyataan Enrique Penalosa, Wali Kota Bogota, Kolombia (1998-2001), yang mengatakan bahwa negara maju bukanlah negara yang orang miskinnya memiliki mobil pribadi, melainkan negara yang orang kayanya menggunakan transportasi umum.

Sebagai masyarakat Indonesia, saya merasa hal tersebut terjadi di Indonesia. Masyarakat kita melakukan aktivitas sehari-hari sebagian besar menggunakan kendaraan pribadi jika dibandingkan dengan transportasi umum. Masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi itu pun bukan karena kaya, melainkan karena kebutuhan untuk beraktivitas.

Kondisi itu bisa climaklumi karena transportasi umum di Indonesia terutama di Jakarta belum nyaman dan aman. Dengan populasi masyarakat sekitar 9 juta di Jakarta, saya sebagai masyarakat Jakarta belum merasakan fasilitas umum yang aman dan nyaman tersebut.

Saya sangat merasakan transportasi umum kita yang belum memadai itu, karena hampir setiap hari saya menaiki KRL commuter line tujuan Palmerah dari Stasiun Sudimara. Dari segi waktu memang efisien, tetapi pelayanan commuter line masih sangat kurang atau bahkan minim fasilitas, termasuk jumlah KRL-nya yang kurang.

Bisa dilihat dari penumpang yang selalu penuh atau sangat padat, berebutan untuk naik KRL mulai pagi hingga sore waktu pulang kerja. Jadwal yang terkadang berubah membuat penumpang menunggu lebih lama dan akibatnya penumpang menumpuk di stasiun.

Terhadap KRL commuterline itu juga harus ada perawatan dan perbaikan. Mungkin bagi yang sudah pernah menaiki KRT, akan merasakan fasilitas yapg sangat minim di KRL. Bisa juga dilihat dari jendela yang tidak ada kacanya dan AC yang tidak dingin alias tidak berfungsi.

Harapan saya, pelayanan commuter line harus bisa lebih bail( lagi. Jumlahnya juga hams ditambah, dan dilakukan perawatan terhadap fasilitas yang ada, sehingga masyarakat yang menggunakannya bisa merasa nyaman dan aman.

Adhiatma Mursetyc Jakarta

No comments:

Post a Comment

Darwin Darkwin Designed by Templateism | Copas Tamplate Orang Copyright © 2015

Theme images by richcano. Powered by Blogger.