Our Blog

TII Ungkap Program Antikorupsi Jokowi-JK Lengkap



JAKARTA — Hasil kajian Transparency International Indonesia (TII) mengungkapkan, program antikorupsi JokowiJusuf Kalla mencakup 18 sektor pemerintahan. Sektor-sektor itu termasuk pemerintah pusat dan daerah, lembaga legislatif, dan partai politik. Sedangkan program antikorupsi PrabowoHatta melingkupi tujuh sektor pemerintahan dan pemerintah daerah.

Ketua Umum Partai Gerindra, Suhardi, mengatakan program Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memang mencakup kementerian yang lebih sedikit dibanding Jokowi-Kalla. Pencegahan korupsi, ujarnya, akan diprioritaskan melalui peningkatan kesejahteraan melalui program ekonomi kerakyatan. "Korupsi itu terjadi karena mereka tidak tahu cara menyejahterakan," kata Suhardi kemarin.

Program antikorupsi yang dicakup oleh kedua pasangan meliputi kepolisian, kejaksaan, Mahkamah Agung, Kementerian Keuangan (Pajak dan Bea-Cukai), Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Pendidikan, serta Badan Penanaman Modal Nasional.

Sedangkan sebelas kementerian atau lembaga setingkat menteri yang tak tercakup dalam program antikorupsi oleh Prabowo-Hatta tapi ada dalam program Jokowi-Kalla meliputi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kehutanan, Kementerian ESDM, Kementerian Perikanan, Bank Indonesia,KomisiPemberantasan Korupsi (KPK), Kompolnas, Komisi Informasi Publik, Komisi Yuclisial, Komisi Kej aks a an , dan Badan Penanaman Modal Nasional.

Program antikorupsi JokowiKalla juga menjangkau hingga kelurahan atau desa, bahkan partai politik. Adapun program Prabowo-Hatta hanya sampai di pemerintah daerah, tanpa menyebut partai politik dan pemerintahan tingkat desa.

Calon wakil presiden Jusuf Kalla berjanji mengawasi ketat seluruh kebijakan kabinetnya untuk mendukung kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi. Kalla berjanji tak segan mencopot menteri yang terindikasi korupsi. "Kalaupun baru diindikasikan korupsi, harus langsung diberhentikan karena pemimpin itu memberi teladan. Tidak boleh lama-lama (dibiarkan)," kata Kalla.

No comments:

Post a Comment

Darwin Darkwin Designed by Templateism | Copas Tamplate Orang Copyright © 2015

Theme images by richcano. Powered by Blogger.